OPERASI DASAR SISTEM OPERASI KOMPUTER

OPERASI DASAR SISTEM OPERASI KOMPUTER

Materi

Sistem Opersai (Operating System) di dalam sebuah komputer dapat diibaratkan sebagai ”nyawa”, karena tanpa adanya suatu sistem operasi komputer yang sudah kita rakit belum dapat digunakan. Sistem Operasi selain merupakan perangkat lunak pertama yang muncul di layar monitor saat  komputer dihidupkan, juga merupakan yang terakhir kali terlihat saat komputer dimatikan. Sistem operasi menjalankan segala perangkat lunak yang  digunakan, dan mengorganisasikan setiap perangkat keras pada komputer.

Sistem operasi komputer secara umum terdiri atas beberapa bagian:

a.      mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory

b.      Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi

c.       Command Interpreter atau shell yaitu bagian yang bertugas membaca input dari pengguna

d.     Pustaka-pustaka (library), yaitu bagian yang berfungsi menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

e.      Driver yaitu komponen yang berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi (SO, atau dalam bahasa Inggris: Operating System/OS) adalah software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol, mengelola hardware, serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Fungsi utama sistem operasi adalah:

a.      mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. Sebagai contoh komponen perangkat keras pada komputer yaitu CPU, memori utama, alat input/output.

b.      Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detil perangkat keras.

c.       melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.

d.     melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data masukan/keluaran.

 

Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi personal komputer terbagi menjadi 3 kelompok  seperti di bawah ini.

a.      Keluarga Microsoft, antara lain terdiri atas Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007)).

b.     Keluarga Unix, menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, antara lain SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

c.      Keluarga Mac OS adalah sistem operasi komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

d.     Keluarga komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dan lain-lain.

Walau kita mengenal berbagai jenis sistem operasi di atas,  secara garis besar semua sistem operasi yang ada berdasarkan jenis komputer yang dikendalikan maupun bentuk aplikasi yang didukung dapat dibagi menjadi empat golongan :

1.      Real-time operating system (RTOS)

Sistem operasi golongan ini dipakai untuk mengendalikan perangkat keras  untuk tugas spesifik, seperti instrumen ilmiah dan mesin-mesin industri. RTOS memiliki kemampuan antarmuka yang terbatas dan tidak mendukung aplikasi level end-user. Bagian terpenting RTOS adalah mengatur penggunaan sumber daya komputer untuk menjalankan serangkaian operasi secara berulang-ulang dalam periode tertentu.

2.      Single-user, single task

Sesuai dengan namanya, tipe sistem operasi ini dirancang untuk memudahkan menangani pengoperasian komputer sehingga pengguna dapat menjalankan satu pekerjaan pada saat yang bersamaan. Sistem operasi DOS adalah contoh klasik dari jenis ini. Sistem operasi yang lain dari keluarga ini adalah Palm OS, yaitu untuk komputer genggam (handheld) Palm.

 

3.      Single-user, multi tasking

Sistem operasi ini memungkinkan seorang pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi terpisah secara bersamaan. Inilah tipe sistem operasi yang paling umum digunakan sekarang. Sistem operasi ini (Windows, Linux, dsb.) sangat populer  digunakan untuk komputer pribadi.

 

4.      Multi-user

Sistem operasi multi-user memungkinkan lebih dari satu pengguna bersama-sama menggunakan sumber daya komputer secara simultan. Sistem operasi dapat menjamin masing-masing pengguna yang memiliki kebutuhan (requirement) yang berimbang. Setiap program yang dijalankan oleh para pengguna menggunakan sumber daya yang cukup dan terpisah sehingga masalah pada satu pengguna tidak berimbas pada pengguna yang lain. Contoh sistem  multi-user adalah operasi Unix, VMS, dan MVS untuk mainframe.

 

Sistem Operasi Windows

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface/GUI). Windows versi 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru dipasarkan pada bulan November 1985. Windows versi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Beberapa versi terakhir Windows yang dikeluarkan Microsoft merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS.

 

a. Versi Windows yang sudah dirilis

1). Berbasis DOS

a).    1985 November – Windows 1.0

b).   1987 9 Desember – Windows 2.0

c).    1990 22 Mei – Windows 3.0

d).   1992 Agustus – Windows 3.1

e).    1992 Oktober – Windows for Workgroups 3.1

f).     1993 November – Windows for Workgroups 3.11

g).   1995 24 Agustus – Windows 95 (Versi: 4.00.950)

h).   1998 25 Juni – Windows 98 (Versi: 4.1.1998)

i).     1999 5 Mei – Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)

j).      2000 19 Juni – Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)

2).    Berbasis NT Kernel

a).    1993 Agustus – Windows NT 3.1

b).   1994 September – Windows NT 3.5

c).    1995 Juni – Windows NT 3.51

d).   1996 29 Juli – Windows NT 4.0

e).    2000 17 Februari – Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)

f).     2002 – Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)

g).   2003 – Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)

h).   2006-2007 – Windows Vista (Versi 6.0)

b. Versi yang akan datang

1).    2010 – 2012 – Windows Blackcomb.

2).    Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows. Sistem operasi  tersebut berbasis grafis yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna dirumah, bisnis, laptop, maupun media center.

 

Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis dan 30 Januari 2007 untuk pengguna di rumah. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini dalam rentang waktu lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.

 

Sistem Operasi Linux

Selain Windows, Linux atau GNU adalah sistem operasi  yang sangat populer untuk komputer. Istilah Linux atau GNU juga digunakan sebagai rujukan pada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain sebagai pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi.

Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan pada berbagai peralatan komputer pribadi, super komputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi. Pada awalnya, Linux dibuat, dikembangkan, dan digunakan oleh peminatnya. Kini Linux telah mendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett-Packard. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux karena tidak bergantung pada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi. Hal ini dapat dibandingkan dengan versi UNIX proprietari, dari faktor keamanan dan kestabilannya. Ciri-ciri tersebut juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

 

Penanganan Sistem Operasi

Beberapa metode yang dikenal dalam penanganan system operasi adalah sebagai berikut.

a.      Multiprogramming

Metode yang memungkinkan dua buah program/lebih dijalankan secara serentak pada sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan. Konsep multiprogramming bias diibaratkan sebagai pekerja yang tak hanya menangani satu pekerjaan   sehingga tak ada waktu yang terbuang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.            Time Sharing

Metode yang dipakai dalam sistem operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya secara bergantian  dengan jumlah waktu yang sama. Time sharing merupakan pengembangan lebih lanjut dari multiprogramming.

c.             Penyimpanan Virtual

Metode yang  menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian yang kecil dengan ukuran sama. Metode seperti ini diterapkan antara lain pada Windows.


d.           Multitasking

Metode yang memungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara ini sangat umum dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi Windows, seseorang dapat menjalankan program Word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program Excel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam table. Pemakai dapat berpindah dari satu program aplikasi yang satu dengan program aplikasi yang lain dengan mudah.

e.            Multiprocessing

Metode dengan kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih intruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer. Melalui sistem tersebut kita dapat mengatur sejumlah CPU untuk menjalankan instruksi yang berbeda dalam sebuah program.

 

Menggunakan Sistem Operasi Windows

Salah satu contoh program aplikasi berbasis Windows adalah word processing. Word processing (pengolah kata) adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen sebagai contoh adalah MS-Word (Microsoft- Word).

Program aplikasi MS-Word memberikan kemudahan dalam memformat teks sehingga teks tertata rapi di bagian kiri dan kanan. Langkah yang dilakukan untuk menjalankan program MS-Word adalah sebagai berikut.

1.            Pada Menu Start, klik di bagian program, klik di sub-program, pilih MS-Word, program aplikasi MS-Word siap digunakan.

2.            Setelah muncul tampilan gambar 2.4 di baah ini, proses menulis dokumen sudah bisa dimulai.

 

File Manager

a. Pengertian

File manager merupakan salah satu program aplikasi yang ada dalam windows. Program ini dapat digunakan untuk mengelola file dan folder agar pengguna dapat membuat dan menggunakan data dengan mudah, cepat, dan fleksibel.

b. Cara mengaktifkan File Manager

Ada 2 cara, yaitu:

Cara 1 : double klik icon manager atau

klik Start, pilih program, klik di subprogram file manager

Cara 2 : dari DOS prompt

Ketik C:\windows>winfile<enter>

c. Pengelolaan File dan Folder

Manajemen file merupakan proses aplikasi pilihan. Pilihan tersebut  antara lain membuat subfolder, copy file memindahkan file, menghapus file, menampilkan data yang telah terhapus, dan mengoperasikan penggabungan komputer yang di- sambungkan dengan sistem jaringan/network Neighborhood yang berupa kesatuan file-file program yang ada dalam hard disk komputer.  Tujuannya agar dapat digunakan sesuai dengan pilihan yang dibutuhkan. Manajemen file juga diartikan sebagai pengorganisasian file data dan file programme.

Media penyimpanan data pada manajemen file dibagi-bagi dalam kelompok yang dinamakan Folder. Banyak file program yang dibutuhkan pada setiap program aplikasi yang  meliputi my computer, my document, internet explorer, recycle bin, new folder, dan lain-lain. Untuk dapat melakukan pengelolaan folder atau sub-folder user tinggal melakukan double click pada icon shortcut.

Banyak file program yang dibutuhkan pada setiap program aplikasi. Disamping itu banyak program aplikasi yang ada di dalam suatu komputer beserta data yang sudah dibuat. Semua itu disimpan dalam satu hard disk. Untuk itu diperlukan pengaturan-pengaturan sehingga user tidak menemui kesulitan dalam mengelola data tersebut. Dalam pengorganisasian file data dan file program tersebut, media penyimpan data dibagi-bagi ke dalam kelompok yang dinamakan folder.

 

1.  Menyimpan data

Dalam sistem Windows media penyimpanan data,  hard disk mempunyai beberapa folder yaitu sebagai berikut.

a).    Folder My Komputer

Berisi informasi alamat drive dan folder panel control, dan setting printer.

b).   Folder My Document

Berisi informasi nama file data.

c).    Folder Recycle bin

Berisi informasi file yang telah dibuang/dihapus.

d).   Folder Internet Explorer dan Network Neighborhood

Diperlukan bila komputer ingin terhubung dengan internet atau local area network.

 

 

2. Mengubah Folder

Kita dapat mengubah folder baik menambah atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan. Menambahkan sud folder di My Documents bertujuan untuk menyimpan data berdasarkan jenis pekerjaan atau nama user (pengguna) agar tidak bercampur dan akan memudahkan kita dalam melacak dan mencarinya. Pelacakan file dengan dapat dicari melalui Progam Windows Explorer atau menggunakan File, New Folder untuk Windows 98 maupun Windows XP.

 

3. Melacak File

Agar  memudahkan para pengguna (user) dalam melacak file, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.

a).   Setiap user agar menyimpan datanya di kapling/sub-foldernya masing-masing.

b).   Hendaknya nama file mencerminkan isis dari file tersebut.

c).    Hendaknya bagian folder diberikan catatan alamat drive/folder ditempat data disimpan dan nama filenya (path and file name).

 

Untuk Windows XP, pelacakan file dapat langsung dilakukan dengan cara meng klik menu start, cari program Windows Explorer yang terdapat dalam menu program atau desktop.

 

4. Membuat Salinan File

Kita juga dapat membuat salinan file, misalnya copy file Simpan.doc di Drive D ke disket di Drive A dengan langkah-langkah seperti di bwah.

a).          Klil file Simpan.doc

b).         Klik icon copy

c).          Klik drive 31/2 Floppy (A:)

d).         Klik icon Paste

 

5. Mmemindahkan File

Memindahkan file  sama dengan mengcopy, namun waktu mengklik icon copy diganti dengan mengklik icon cut. Tempatkan file yang akan dipindah pada folder maupun drive yang diinginkan.

 

6. Menghapus File

Untuk menghaspus file klik nama file-nya kemudian klik icon Delete, file akan masuk ke dalam folder Recycle Bin secara otomatis. Dalam sistem windows, folder Recycle Bin berfungsi untuk menyimpan data-data atau file yang sudah tidak kita inginkan atau dibuang. File yang kita hapus dapat dilihat dalam folder Recycle Bin. File dalam Recycle Bin dapat kita hapus dengan cara mengklik nama file atau pilih menu edit kemudian Sellect All, lalu icon Delete, maka file akan terhapus selamanya.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: